November 15, 2019
MH53-Pavelow

MH-53 (Pave Low) – Helicopter

MH-53 merupakan helikopter pengangkut besar yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dalam peran operasi khusus. Penamaan MH-53 terdiri dari huruf “M” yang berarti Multi-Misi dan “H” yang berarti helikopter.

MH53-Pavelow

Penamaan ini muncul setelah modifikasi ekstensif dibuat untuk HH-53 “Super Jolly Green Giants” (atau “Super Jollies”) yang dioperasikan oleh USAF di Vietnam. Setelah perang, pesawat HH-53 ini dilengkapi dengan segudang sistem yang sudah diperbarui, mesin baru dan rotor baru – yang memberikan helicopter ini sebutan baru melalui program “Pave Low”, sebuah program yang sangat meningkatkan kemampuan tipe untuk malam dan operasi dengan cuaca yang buruk. Helikopter ini dirancang untuk penerbangan jarak jauh, yang terbang di ketinggian rendah untuk membantu pasukan khusus darat melalui penyisipan rahasia, ekstraksi, dan memasok sesuai kebutuhan – sering kali ditempatkan di belakang garis musuh.

MH-53 dioperasikan oleh enam orang yang terdiri dari dua pilot (perwira), dua insinyur penerbangan, dan dua penembak. Persenjataan penahan defensif terdiri dari minigun 3 x 7.62mm atau senapan mesin kaliber berat 3 x 12.7mm. MH-53 dapat merekam kecepatan hingga 165 mil per jam, di langit-langit hingga ketinggian 16.000 kaki dan dengan jangkauan 690 mil. Tenaga tersebut berasal dari mesin turboshaft seri General Electric T64-GE-100 yang masing-masing dikembangkan dengan 4.330 tenaga kuda, yang mana bisa memberikan daya pada rotor utama enam baling dan rotor ekor empat baling.

Seri MH-53J “Pave Low III” didasarkan pada model MH-53H dan HH-53 yang dimodifikasi untuk kegunaan penyisipan / penyuplai / ekstraksi pasukan khusus. Tiga puluh dua HH-53 bersama dengan sembilan sistem MH-53H dipilih untuk modifikasi Pave Low III. Sistem onboard termasuk GPS, navigasi inersia dan Forward-Looking InfraRed (FLIR) bersama dengan radar yang menyesuaikan ndegan medan APQ-158 serta fungsi penghindaran. Hal ini memungkinkan MH-53 memiliki kemampuan untuk menyelesaikan penerbangan dengan cuaca apapun walaupun tidak ada cahaya, dengan ketinggian terbang yang rendah, serta cocok dengan operasi pasukan khusus.

MH-53M “Pave Low IV” mewakili iterasi akhir dari seri Pave Low. Sistem ini merupakan platform yang dikembangkan dari MH-53J “Pave Low III” dan dilengkapi dengan kemampuan pertahanan yang lebih canggih. Salah satunya adalah penerapan Sistem Penerbangan Defensif Interaktif / Terminal Taktis Lanjutan Multi-Misi (IDAS / MATT). Pave Low IV bisa memberikan pengguan MH-53 akses ke situasi medan perang melalui peta digital berwarna (bahkan bisa dilihat dengan menggunakan kacamata penglihatan malam). Peta tersebut diperbarui melalui tautan satelit dan ditampilkan di dekat data secara realtime (termasuk ancaman) di sepanjang rute penerbangan. MH-53Ms digunakan sampai pada tahun 2008 dalam peran operasi khusus pada Operasi Kebebasan Irak.

Seri MH-53 kemudian secara resmi ditinggalkan oleh Komando Operasi Khusus Angkatan Udara AS (AFSOC) pada tahun 2008. Kembali ke zaman mereka sebagai HH-53 dalam Perang Vietnam (kelompok terkenal dari lima pesawat semacam itu yang muncul pada Operasi Kingpin – penyelamatan POW Amerika dari penjara Son Tay dekat Hanoi), pesawat ini telah melayani para tentara selama beberapa dekade. Operasi di Desert Storm juga dilakukan dengan teknologi ini.